Pembayaran
Last updated
Last updated
Data pasien yang akan melakukan pembayaran dengan status Unpaid :
Pilih pasien yang akan melakukan pembayaran. Kemudian tekan tombol untuk memproses pembayaran sesuai metode yang disediakan.
Pada bagian tersebut, anda diminta untuk mengisi detail pembayaran dalam transaksi. Berikut adalah penjelasan untuk setiap kolom:
Cara Pembayaran: Pilih metode pembayaran yang akan digunakan. Opsi yang tersedia mencakup:
Credit Card: Jika menggunakan kartu kredit.
Debit Card: Jika menggunakan kartu debit.
Transfer: Jika melakukan pembayaran via transfer bank.
Cash: Jika membayar dengan uang tunai.
Aplikasi: Jika membayar menggunakan aplikasi.
Gunakan dropdown untuk memilih salah satu.
Tipe Pembayaran: Setelah memilih cara pembayaran, tentukan tipe pembayaran lebih spesifik (opsi ini dinamis tergantung cara pembayaran yang dipilih, misalnya: nama bank atau jenis kartu).
Nomor Kartu: Masukkan nomor kartu jika metode pembayaran menggunakan kartu kredit atau debit. Jika tidak relevan (misalnya untuk cash atau transfer), kolom ini dapat dikosongkan.
Jumlah: Masukkan nominal jumlah pembayaran yang sesuai.
Status pasien yang sebelumnya berada di bagian Unpaid akan otomatis berubah menjadi Paid setelah pembayaran berhasil dilakukan.
Pada menu Admisi, status pasien akan berubah menjadi Selesai, yang menandakan bahwa pasien telah menyelesaikan proses pemeriksaan dan pembayaran.
Hapus Baris: Tekan ikon untuk menghapus baris pembayaran jika ada entri yang salah atau tidak diperlukan.
Jika pembayaran dilakukan dengan lebih dari satu metode (misalnya, kombinasi cash dan debit card), anda dapat menambahkan baris baru dengan kembali menekan tombol dan mengisi detail metode pembayaran lainnya.
Setelah pembayaran selesai, Anda dapat menekan tombol untuk menyelesaikan proses dan sekaligus mencetak kwitansi atau dapat juga mencetak invoice dengan menekan tombol .