MedQCare User Guide
Get Support
  • Introduction
    • Introducing MedQCare
    • Overview
    • User Interface
  • Guide: Clinic App
    • MedQCare Clinic Portal
    • Initial Setup
      • Add New Clinic or Branch
      • Edit / Update Profile
    • Front Office Tasks
      • Create Service Package
      • Patient Journey
      • Company Event
      • Sending Results
    • Doctor
      • Patient Queue
      • Examination Page
    • Service
    • Lab / MCU Personnel
    • Admission Menu
      • Registration
        • Registration Layanan
        • Registration Doctor
    • Antrian Pasien
      • Dokter - Antrian Pasien
    • EMR
    • Pembayaran & Laporan
      • Pembayaran
      • Laporan Transaksi
      • Pembayaran & Laporan Layanan
    • Finance
      • Laporan Transaksi
      • Daftar Tagihan
      • Invoice
    • Master Data
      • Master Pasien
      • Master Dokter
      • Master Treatment
      • Master Paket Layanan
      • Master Radiologi
      • Master Farmasi
      • Master Data Laboratorium
      • Master Asuransi
    • Setting
      • Profile
      • User
      • Others
        • Price Config
        • Bank Account
  • Guide: Company App
    • MedQCare Corporate Portal
    • Employee Services
      • Adding Employee Data
      • Event Booking
      • Event Result
    • Provider Management
      • Adding Partner Provider
  • Guide: Patient Mobile App
    • Mobile App Download Link
    • Appointment Booking
    • Queueing
    • Medical Resume
    • ePrescription and Letters
    • Bill and Payment
    • Medication Reminder
  • Additional Information
    • Troubleshooting & FAQ
    • Technical Requirements
    • Software Integrations & Plugins
    • Security and Privacy
    • ℹ️Privacy Policy
    • ℹ️Terms and Conditions
    • Glossary
    • Contact and Support
    • Conclusion and Acknowledgements
Powered by GitBook
On this page
  1. Guide: Clinic App
  2. Pembayaran & Laporan

Pembayaran

PreviousPembayaran & LaporanNextLaporan Transaksi

Last updated 6 months ago

Data pasien yang akan melakukan pembayaran dengan status Unpaid :

Pilih pasien yang akan melakukan pembayaran. Kemudian tekan tombol untuk memproses pembayaran sesuai metode yang disediakan.

Pada bagian tersebut, anda diminta untuk mengisi detail pembayaran dalam transaksi. Berikut adalah penjelasan untuk setiap kolom:

  1. Cara Pembayaran: Pilih metode pembayaran yang akan digunakan. Opsi yang tersedia mencakup:

    • Credit Card: Jika menggunakan kartu kredit.

    • Debit Card: Jika menggunakan kartu debit.

    • Transfer: Jika melakukan pembayaran via transfer bank.

    • Cash: Jika membayar dengan uang tunai.

    • Aplikasi: Jika membayar menggunakan aplikasi.

    Gunakan dropdown untuk memilih salah satu.

  2. Tipe Pembayaran: Setelah memilih cara pembayaran, tentukan tipe pembayaran lebih spesifik (opsi ini dinamis tergantung cara pembayaran yang dipilih, misalnya: nama bank atau jenis kartu).

  3. Nomor Kartu: Masukkan nomor kartu jika metode pembayaran menggunakan kartu kredit atau debit. Jika tidak relevan (misalnya untuk cash atau transfer), kolom ini dapat dikosongkan.

  4. Jumlah: Masukkan nominal jumlah pembayaran yang sesuai.

Status pasien yang sebelumnya berada di bagian Unpaid akan otomatis berubah menjadi Paid setelah pembayaran berhasil dilakukan.

Pada menu Admisi, status pasien akan berubah menjadi Selesai, yang menandakan bahwa pasien telah menyelesaikan proses pemeriksaan dan pembayaran.

Hapus Baris: Tekan ikon untuk menghapus baris pembayaran jika ada entri yang salah atau tidak diperlukan.

Jika pembayaran dilakukan dengan lebih dari satu metode (misalnya, kombinasi cash dan debit card), anda dapat menambahkan baris baru dengan kembali menekan tombol dan mengisi detail metode pembayaran lainnya.

Setelah pembayaran selesai, Anda dapat menekan tombol untuk menyelesaikan proses dan sekaligus mencetak kwitansi atau dapat juga mencetak invoice dengan menekan tombol .