MedQCare User Guide
Get Support
  • Introduction
    • Introducing MedQCare
    • Overview
    • User Interface
  • Guide: Clinic App
    • MedQCare Clinic Portal
    • Initial Setup
      • Add New Clinic or Branch
      • Edit / Update Profile
    • Front Office Tasks
      • Create Service Package
      • Patient Journey
      • Company Event
      • Sending Results
    • Doctor
      • Patient Queue
      • Examination Page
    • Service
    • Lab / MCU Personnel
    • Admission Menu
      • Registration
        • Registration Layanan
        • Registration Doctor
    • Antrian Pasien
      • Dokter - Antrian Pasien
    • EMR
    • Pembayaran & Laporan
      • Pembayaran
      • Laporan Transaksi
      • Pembayaran & Laporan Layanan
    • Finance
      • Laporan Transaksi
      • Daftar Tagihan
      • Invoice
    • Master Data
      • Master Pasien
      • Master Dokter
      • Master Treatment
      • Master Paket Layanan
      • Master Radiologi
      • Master Farmasi
      • Master Data Laboratorium
      • Master Asuransi
    • Setting
      • Profile
      • User
      • Others
        • Price Config
        • Bank Account
  • Guide: Company App
    • MedQCare Corporate Portal
    • Employee Services
      • Adding Employee Data
      • Event Booking
      • Event Result
    • Provider Management
      • Adding Partner Provider
  • Guide: Patient Mobile App
    • Mobile App Download Link
    • Appointment Booking
    • Queueing
    • Medical Resume
    • ePrescription and Letters
    • Bill and Payment
    • Medication Reminder
  • Additional Information
    • Troubleshooting & FAQ
    • Technical Requirements
    • Software Integrations & Plugins
    • Security and Privacy
    • ℹ️Privacy Policy
    • ℹ️Terms and Conditions
    • Glossary
    • Contact and Support
    • Conclusion and Acknowledgements
Powered by GitBook
On this page
  • Langkah-langkah Penggunaan Fitur
  • Membuat Department
  • Membuat Group
  • Membuat Test
  • Penyimpanan Data
  1. Guide: Clinic App
  2. Master Data

Master Data Laboratorium

PreviousMaster FarmasiNextMaster Asuransi

Last updated 6 months ago

Master Laboratorium adalah bagian dari menu Master Data yang dirancang untuk mengelola data tes laboratorium secara terstruktur dan efisien. Sebelum data tes laboratorium dapat digunakan di modul lain, Anda harus membuat data secara berurutan, yaitu Department, Group, dan terakhir Test.

Langkah-langkah Penggunaan Fitur

Membuat Department

Department adalah kategori utama yang digunakan untuk mengelompokkan data laboratorium secara sistematis.

Mengelola Data Department

  1. Akses Menu Department Navigasikan ke menu Master Data > Laboratorium > Department. Anda akan melihat tampilan seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

  2. Menambahkan Department Baru

    • Di bagian kanan layar, terdapat formulir Add New Department.

    • Jika berhasil, Department yang baru dibuat akan muncul di tabel sebelah kiri.

  3. Mengedit Department

    • Ubah informasi yang diperlukan, kemudian tekan tombol Save untuk menyimpan perubahan.

  4. Menghapus Department

Catatan: Sebelum menghapus sebuah department, pastikan department tersebut tidak sedang digunakan di data Group atau Test untuk menghindari error pada sistem.

  1. Status Department

  2. Mencari Department

    • Untuk mencari Department, Anda dapat menggunakan filter Search.

Membuat Group

Setelah membuat Department, langkah berikutnya adalah membuat Group.

Mengelola Data Group

  1. Akses Menu Group Navigasikan ke menu Master Data > Laboratorium > Group. Anda akan melihat tampilan seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

  2. Menambahkan Department Baru

    • Di bagian kanan layar, terdapat formulir untuk membuat Group baru.

    • Jika berhasil, Group yang baru dibuat akan muncul di tabel sebelah kiri.

  3. Mengedit Group

    • Ubah informasi yang diperlukan, kemudian tekan tombol Save untuk menyimpan perubahan.

  4. Menghapus Group

Catatan: Sebelum menghapus sebuah Group, pastikan Group tersebut tidak sedang digunakan dalam data Test untuk menghindari error pada sistem.

  1. Status Group

  2. Mencari Group

    • Untuk mencari Group, Anda dapat menggunakan filter Search atau dapat juga dengan menggunakan filter berdasarkan Department yang ingin ditampilkan.

Membuat Test

Setelah membuat Group, langkah berikutnya adalah membuat Test.

Mengelola Data Test

  1. Akses Menu Test Navigasikan ke menu Master Data > Laboratorium > Test. Anda akan melihat tampilan seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

  2. Menambahkan Test

    • Di bagian kanan layar, terdapat formulir untuk membuat Test baru.

    • Anda dapat langsung mengisi data tersebut pada formulir yang tersedia.

    • Jika berhasil, Test yang baru dibuat akan muncul di tabel sebelah kiri.

  3. Mengedit Test

    • Ubah informasi yang diperlukan, kemudian tekan tombol Save untuk menyimpan perubahan.

  4. Status Test

  5. Mencari Test

    • Untuk mencari Test, Anda dapat menggunakan filter Search atau dapat juga dengan menggunakan filter berdasarkan Group yang ingin ditampilkan.

Penyimpanan Data

Data ini juga dapat diintegrasikan lebih lanjut sesuai kebutuhan sistem laboratorium.

Tekan tombol untuk mulai membuat Department baru, kemudian isi formulir yang tersedia.

Setelah mengisi data, tekan tombol untuk menyimpan Department baru.

Pastikan status Department aktif jika ingin digunakan.

Untuk mengubah data Department, tekan ikon pada baris Department yang ingin diperbarui.

Untuk menghapus data Department, tekan ikon pada baris Department yang ingin dihapus.

Untuk mengubah status Department, tekan ikon pada kolom baris Department yang ingin diperbarui berdasarkan status aktif atau nonaktif.

Tekan tombol untuk menambahkan Group baru, kemudian isi formulir yang tersedia.

Setelah mengisi data, tekan tombol untuk menyimpan Group baru.

Pastikan status Group aktif jika ingin digunakan.

Untuk mengubah data Group, tekan ikon pada baris Group yang ingin diperbarui.

Untuk menghapus data Group, tekan ikon pada baris Group yang ingin dihapus.

Untuk mengubah status Group, tekan ikon pada kolom baris Group yang ingin diperbarui berdasarkan status aktif atau nonaktif.

Setelah mengisi data, tekan tombol untuk menyimpan Test baru.

Pastikan status Test aktif jika ingin digunakan.

Untuk mengubah data Test, tekan ikon pada baris Test yang ingin diperbarui.

Untuk mengubah status Test, tekan ikon pada kolom baris Test yang ingin diperbarui berdasarkan status aktif atau nonaktif.

Semua data yang sudah ditambahkan, baik Department, Group, maupun Test, akan tersimpan dan dapat dikelola lebih lanjut melalui ikon yang berada di pojok kanan atas layar.